Kamis, 17 Juli 2014


kejadian ini berawal dari client saya membawa beberapa server dan pergantian IP publik
pada ISP sebelumnya terlihat normal dan dapat di akses dengan baik
setelah ganti dengan ISP saya server proxmox tidak dapat di ping ataupun menghubungi ip yang lainnya
tetapi anehnya pada main server terlihat normal
ini pasti ada yang ga beres dengan konfigurasinya ? hehehe
#serius amat
ok langsung aja kita ke intinya
yang pertama gw lakuin itu cek pada main server,ping gateway ok ping DNS ok,ping dari luar pun OK
setelah gw masuk ke VM proxmox nah loh gateway pun ga mau
ok gw search di google
nah ada referensi nih
harus di tambahkan script ini pada /etc/network/interface
iface eth0 inet manual
iface eth1 inet manual
ok langsung aja nano /etc/network/interface terlihat seperti ini outputnya
# network interface settings
auto lo
iface lo inet loopback
auto vmbr0
iface vmbr0 inet static
address  xxx.xxx.xxx.xxx
netmask  xxx.xxx.xxx.xxx
gateway  xxx.xxx.xxx.xxx
bridge_ports eth0
bridge_stp off
bridge_fd 0
auto vmbr1
iface vmbr1 inet static
address xxx.xxx.xxx.xxx
netmask xxx.xxx.xxx.xxx
bridge_ports eth1
bridge_stp off
bridge_fd 0
lalu kita masukkan script yang sudah di kasih di atas dan letakkan sesudah iface lo inet loopback
sehingga menjadi seperti ini
# network interface settings
auto lo
iface lo inet loopback
iface eth0 inet manual
iface eth1 inet manual
auto vmbr0
iface vmbr0 inet static
address  xxx.xxx.xxx.xxx
netmask  xxx.xxx.xxx.xxx
gateway  xxx.xxx.xxx.xxx
bridge_ports eth0
bridge_stp off
bridge_fd 0
auto vmbr1
iface vmbr1 inet static
address xxx.xxx.xxx.xxx
netmask xxx.xxx.xxx.xxx
bridge_ports eth1
bridge_stp off
bridge_fd 0
dan sekarang save
dan restart networknya
/etc/init.d/networking restart
dan coba ping lagi ke gateway
jika belum bisa coba restart / reboot main servernya

ok sekian dari gw
semoga pengalaman gw jadi bermanfaat buat semuanya

0 komentar:

Posting Komentar